Sejalan dengan hakekat pembangunan di bidang kesehatan yaitu meningkatkan derajat kesehatan setiap individu yang mampu memelihara dan meningkatkan kesehatan jasmani, rohani dan social. Kesehatan adalah merupakan factor yang paling dominan dalam kehidupan masyarakat kita, untuk itu diperlukan suatu lembaga atau klinik yang bisa menangani pelayanan di bidang kesehatan. Dengan melihat potensi yang ada di lingkungan Poltekkes Kemenkes Makassar baik potensi Sumber Daya Manusia (kurang lebih 300 orang), potensi mahasiswa (kurang lebih 1.500 mahasiswa), maupun potensi penduduk di sekitarnya yang padat, belum ada suatu lembaga yang menangani tentang pelayanan kesehatan dasar dan spesifik. Selain dari pada itu, klinik tersebut dapat menjadi tempat praktek mahasiswa Poltekkes Kemenkes Makassar.
Dalam rangka untuk memenuhi tuntutan pelayanan kesehatan yang maksimal, sesuai dengan apa yang diharapkan Poltekkes Kemenkes Makassar, maka Direktur memandang perlu untuk mendirikan suatu klinik untuk melayani pelayanan kesehatan dasar dan spesifik di lingkup Poltekkes Kemenkes Makassar serta masyarakat sekitarnya.
Poltekkes Kemenkes Makassar menuju lembaga yang mandiri, semakin perduli dan sadar akan pentingnya pelayanan kesehatan dasar dan spesifik untuk memberikan pelayanan kesehatan bagi pegawai serta mahasiswanya, serta dapat digunakan sebagai tempat praktek bagi mahasiswanya. Masyarakat di sekitarnya pun juga sadar akan pentingnya kesehatan itu sehingga memerlukan tempat pelayanan kesehatan.
Oleh karena itu pihak Poltekkes Kemenkes Makassar ingin membagun klinik untuk memberikan pelayanan kesehatan bagi pegawai, mahasiswa serta masyarakat sekitarnya.
Visi : Meningkatkan derajat kesehatan personil poltekkes dan masyarakat
Misi : (1)sebagai tempat pegawai, mahasiswa serta masyarakat untuk mengkonsultasikan masalah kesehatan yang mereka alami; (2)sebagai lembaga pemerintah yang dapat memberikan pelayanan preventif dan kuratif serta rehabilitatif; (3)sebagai wujud pengabdian pada masyarakat dengan memberikan layanan ke masyarakat guna peningkatan derajad kesehatan; (4)menjalankan pengobatan sesuai prosedur, berkualitas dan dapat terjangkau oleh semua kalangan.
Tujuan : (1)meningkatkan derajat kesehatan jasmani dan rohani; (2)meningkatkan dan memberdayakan potensi Sumber Daya Manusia (SDM); (3)memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat sekitarnya; (4)meningkatkan keterampilan peserta didik (mahasiswa).